Kamis, 23 Agustus 2012

Kegiatan Rutin Jum'at pagi

           Mentari pagi telah menyingsing, tanda bagi saya untuk segera melaksanakan tugas rutin,  jam sudah menunjukkan pukul 06.30 Wita, setelah memakai baju seragam olahraga karena hari ini hari Jum'at yang merupakan hari rutin olahraga.

           Sepeda Motor segera aku nyalakan dan segera saya berangkat, jarak rumah dengan kantor sekitar 7 Km memakan waktu sekitar 15 menit, suasana jalanan pagi ini masih lengang, belum banyak aktifitas yang banyak, mengingat hari ini masih libur sekolah dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri 1433 H / tahun 2012. dengan semangat tinggi saya memacu sepeda motor, tepat pukul 06.45 Wita saya sampai di kantor, teman2 juga mulai berdatangan, selagi menunggu pukul 07.00 Wita kami bersenda gurau di parkiran, macam-macam yang kami perbincangkan, mulai dari hal yang bersifat kedinasan maupun hal-hal keseharian.

      Tepat pukul 07.00 Wita, peluit apel pagi telah terdengar, seluruh anggota menuju kelapangan apel dengan seragam yang berbeda-beda sesuai dengan fungsi dan tugas pokok masing-masing, untuk anggota serse menggunakan baju bebas namun rapi dengan tidak terikat warna ataupun jenis baju namun tidak diperkenankan menggunakan celana pendek dan kaos, untuk anggota penjagaan menggunakan seragam lengkap kepolisian dengan ketentuan seragam PDL-1A pakaian dinas untuk bertempur yang bertujuan agar selalu siap siaga, dan untuk ABK serta staf yang lain memakai baju seragam olahraga.

      Apel pagi segera dilaksanakan, semua berbaris menurut barisan fungsi dan staf masing-masing, pelaksanaan dipimpin oleh Perwira Menengah, setelah melakukan penghormatan umum seluruh komandan pleton membentuk barisan didepan Pamen untuk laporan kelengkapan anggota, dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada anggota yang tidak masuk dinas serta alasan yang digunakan, setelah laporan komandan pleton kemudian pemimpin apel melaksanakan arahan kepada seluruh anggota tentang tugas - tugas yang harus dilaksanakan hari ini dan selanjutnya.

       Sekitar 15 menit kami melaksanakan apel pagi akhirnya selesai juga, acara pun dilanjutkan dengan pelaksanaan olahraga pagi dengan pemanasan kami melaksanakan lari pagi dengan rute mako-Jaln Lambung Mangkurat-Jln Hariono MT-Pasar Rambai-Jln Telawang dan kembali ke mako lagi, yach sekitar 5 Km kami lalui dengan lari bersama selama 15 menit, cukup membuat badan kita berkeringat dan segar kembali setelah 1 bulan gak lari bersama, heheheeeeee, rame dan senang yang kami rasakan saat lari diiringi dengan menyanyikan lagu - lagu penyemangat khas Kepolisian, seru banget dech..

       Lari pagi telah selesai dan dilanjutkan kegiatan senam pagi, hai... ternyata instrukturnya hari ini pak muslih, wah enak nich, bisa tambah semangat.... karna senam yg diajarkan pak muslih arahnya agak latihan keras bagi lelaki, tidak seperti pelatih senam lainnya yang kebanyakan gerak namun membingungkan,,,,,,,,,
dengan suara yang kompak kami melaksanakan senam pagi sekitar 30 menit, suara kami serentak dengan keras ketika senam usai sudah yaitu suara Yel-yel Pol Air....

       Anggota Jaga yang telah siap melaksanakan pengibaran bendera telah siap ditempatnya, kami yang melaksanakan senam pun memberi ruang dan mengambil sikap siap menghadap tiang bendera, peluit panjang telah ditiup.... diawali dengan penaikan dan penurunan bendera sen warna putih merah putih berbentuk segitiga... kemudian baru bendera Merah Putih dinaikkan, serentak kami menghormat, oh ya... saya jelaskan sedikit tiang bendera kami berbentuk seperti salib dengan tiga tali yang menggantung yaitu sebelah kiri untuk bendera sen Pimpinan, tali tengah dugunakan untuk bendera merah putih namun dengan tinggi tiang 45 derajat agak tinggi dari kiri maupun kanan, sedangkan tali sebelah kanan digunakan sebagai bendera sen Merah putih.

     Pelaksanaan kurvei... ya.. sehabis olahraga kami melaksanakan kurvei ( istilah kerjabakti ) dilingkungan militer, sasaran yaitu lingkungan sekitar mako, tujuan kegiatan ini agar lingkungan kita tetap bersih. setelah 15 menit kami melaksanakan kurvei, akhirnya selesai juga, kegiatan selanjutnya kami melaksanakan kerja rutin sesuai tugas tanggungjawabnya masing-masing, bagi yang staf kami masuk ruangan, ABK menuju kapal masing-masing, dan anggota jaga melaksanakan tugas di penjagaan.

    Mungkin demikian yang dapat saya sampaikan kegiatan hari jum'at kami...... salam buat rekan - rekan semua ARNAVAT DARPA MAHE. karena dilaut kami Bangga, jayalah-jayalah Pol Air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar